Rabu, 15 Agustus 2012

Apresiasi pers terhadap film nasional meningkat


MEDIA  massa memiliki peranan penting dalam membantu perkembangan film nasional. Salah satunya dalam soal apresiasi. Belakangan ini, apresiasi media massa kepada film nasional sudah jauh lebih tinggi ketimbang di masa lalu. Hal tersebut diungkapkan produser Erwin Arnada saat dikontak beberapa waktu lalu.
“Apresiasi media terhadap film nasional jauh lebih tinggi dibanding 5-10 tahun silam,” ungkap  sutradara film Rumah di Seribu Ombak ini. Dia juga melihat bahwa media yang ada pada saat ini lebih mudah untuk memperdalam pemahaman dan apresiasi film berkat kemajuan teknologi.
Lebih jauh, Erwin merasa lega lantaran saat ini banyak media yang khusus membahas film bermunculan beberapa tahun belakangan. Menurutnya ini menjadi pertanda hadirnya optimisme dalam mengantisipasi perkembangan di blantika film nasional.
“Saya dan teman-teman bersyukur dengan semakin banyaknya media semacam ini. Kan bisa ikut meningkatkan atensi penonton. Bagi kita ini bisa menjadi sumber kritik dan sumber pemahaman baru,” jelas Erwin lagi.
Selain apresiasi dari media, Erwin juga melihat banyaknya acara penghargaan film yang muncul belakangan ini juga turut membantu.
“Paling tidak, spirit untuk membuat karya yang baik sih,” tuturnya lagi.
Menurutnya, spirit ini penting untuk memperkuat posisi Indonesia di mata mancanegara. “Meskipun banyak karya (sineas Indonesia) yang sudah diakui di dunia internasional lewat menang di festival, saya belum bilang posisi kita kuat. Sama Thailand saja ketinggalan,” demikian Erwin. (bb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar