Rabu, 29 Agustus 2012

Damien Dematra gelar Festival Film Perdamaian

Damien Dematra berbicara diantara panitia IFFPIE (foto: dudut sp)
SEKITAR 500 film dari berbagai negara berpartisipasi dalam "Festival Film untuk Perdamaian", suatu kompetisi film internasional yang mengangkat tema-tema perdamaian dan persamaan serta menggugah inspirasi. Namun Indonesia tidak berselera menyertakan filmnya di ajang yang baru pertamakalinya digelar ini.
   "Peminatnya dahsyat, sekitar 500 film dari seluruh dunia, tapi sayangnya tidak ada satupun yang dari Indonesia," kata pendiri dan Direktur International Film Festival for Peace, Inspiration, and Equality (IFFPIE) Damien Dematra, Selasa (28/8) di Jakarta.
   Film-film itu di antaranya dibintangi para nominee piala Oscar seperti James Cromwell, Julian Sands, dan David Anders yang dikenal dalam film 24, Alias dan Once Upon a Time, yang dalam festival ini mereka bermain dalam film Admission dan The Maiden and the Princess.
   "Ternyata film-film perdamaian banyak yang berkisar perang di Israel-Palestina, sebagian ada juga soal isu-isu lokal di berbagai negara seperti di Bolivia atau Senegal," katanya.
   Sebanyak 92 film yang terpilih di antara ratusan film itu sebagian besar akan diputar di sejumlah bioskop, perguruan tinggi, sekolah dan kedutaan besar di Indonesia selama sebulan (30 Agustus-30 September 2012).
   "Tiga film pemenang akan diputar di Blitz Megaplex, Grand Indonesia pada 30 Agustus dalam malam pemberian apresiasi dan penghargaan kepada film-film pilihan kami," kata Damien yang menjadi juri di ajang ini dan dikenal sebagai sutradara yang banyak memenangkan penghargaan internasional.
   Selain pemberian penghargaan Award of Excellence dan Honorable Mention kepada para pemenang, para juri juga memilih beberapa insan film yang mendapat Special Jury Award antara lain David Anders dan Julian Sands (pemain utama The Maiden and The Princess), James Cromwell (pemain utama Admission).
   Juga Levi Chen (sutradara Dalai Mongol) Jim Hanon (sutradara Little Town of Betlehem), Nefise Ozkal Lorentzen (sutradara A Balloon for Allah), Satoshi Hirayama (sutradara Heart Sutra), John Viscount (penulis Admission) dan Rubaiyat Hossain (sutradara Meherjaan).
   Acara yang digagas Damien bekerja sama dengan World Peace Movement (WPM) pimpinan Sofia Koswara itu untuk memperingati Hari Perdamaian Internasional pada 21 September 2012 dan dalam rangka mempromosikan perdamaian.
   "Kami berharap tahun depan film-film Indonesia ikut dalam ajang ini, sehingga akan semakin memacu kreativitas masyarakat kita untuk membuat film-film berkualitas," katanya.
   Selain pemutaran film, digelar juga diskusi film perdamaian dengan pembicara para pembuat film terpilih dari AS, India, Inggris, Jepang hingga Singapura. (kf1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar