Jumat, 31 Agustus 2012

'Admission' Sukses di Festival Film Perdamaian

SUTRADARA asal negeri paman Sam, Harry Kakatsakis sedang sumringah. Pasalnya, filmnya yang bertajuk Admission berjaya di ajang International Film Festival For Peace, Inspiration and Equality (IFFPIE). Film yang dibintangi aktor James Cromwell ini menjadi film terbaik di ajang yang berlangsung Kamis (30/8) malam di Blitz Megaplex Grand Indonesia, Jakarta.
   Sukses Kakatsakis bukan hanya sampai di situ. Admission juga sukses meraih kemenangan untuk kategori film pendek terbaik. Kategori lainnya yang ikut diperlombakan adalah film cerita terbaik, film pendek documenter hingga pendatang baru terbaik.
   “Kriteria utama dari pemenang di samping faktor teknis adalah kekuatan pesan yang disampaikan film yang bersangkutan,” ucap Sofia Koswara, Chairwoman World Peace Movement yang juga anggota dewan juri festival ini.
   Sofia menambahkan bahwa ajang yang digelar ini bukan sekadar festival film. “Lebih dari itu, ini sarana untuk membangunkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya perdamaian,” lanjut Sofia. Dia juga berharap agar semua pihak hidup berdampingan secara damai, bersama-sama mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia.
   Hal senada diaminkan oleh Damien Dematra, Founder and Director of  IFFPIE. “Kesadaran akan pentingnya perdamaian di kalangan masyarakat dunia patut diacungi jempol,” ucap Damien. Dia membandingkan dengan jumlah film peserta yang mencapai 500 judul dari berbagai negara.
   Pemenang dari festival film ini akan ditayangkan di bioskop, kampus, kedutaan besar, dan sekolah di Indonesia mulai 30 Agustus-30 September 2012. Selain itu juga akan digelar diskusi dengan aneka kelompok masyarakat terkait film pemenang IFFPIE sebagai lanjutan dari promosi perdamaian ini.
   “Kami, World Peace Movement terbuka untuk semua pihak yang akan bekerjasama mempromosikan perdamaian. Jika kita mencintai perdamaian maka kita harus melakukan aksi nyata untuk mewujudkannya,” tutur Sofia Koswara.

Hasil Lengkap Pemenang
1. Best International Short Film: Admission (Harry Kasatsakis, USA)
2. Best International Feature Film: Meherjaan (Rubaiyat Hossain, Bangladesh)
3. Best Documentary Short: A Balloon For Allah (Nefise Ozkal Lorentzen (Norwegia)
4. Best Documentary Feature: Little Town of Bethlehem (Jim Hanon, USA)
5. Best Newcomer: One Day After Peace (Miri Laufer-Erez Laufer, Israel)
6. Federico Fellini Award: Inal Beck Sherip, Rusia (film Last Time)
7. Best Film: Admission (Harry Kasatsakis, USA). (bobby)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar