Jumat, 04 November 2011

Poster jadul film 'Lingkaran Setan' (1972) -- POTRET

FILM Lingkaran Setan disutradarai oleh Misbach Jusa Biran dengan pemain antaranya Sukarno M Noor dan Farouk Afero. Dalam film produksi PT Dipa Jaya Film (produser Washi Dipa) ini, Rano Karno masih jadi aktor cilik. Beberapa pemain lainnya Mieke Wijaya, Aedy Moward, Hamnidy T Djamil, Cassim Abbas, A Khalik Noor Nasution, Farida Oetoyo, Nina Karina, Daud Modas, Jasso Wiratno, dan Fakhri Amrullah. Sinematografi oleh Kasiyo H dengan durasi 137 menit.
   Kisahnya tentang Tohir (Sukarno M. Noor) yang dijatuhi hukuman berat oleh pengadilan kolonial pada 22 September 1938. Hukuman itu dijatuhkan karena jaksa Hasan (Aedy Moward) lebih mementingkan faktor keturunan daripada tindakan kejahatannya. Padahal Tohir melakukan kejahatan lebih karena desakan kebutuhan hidup. Istrinya hamil tua. Ia dipenjara kerja paksa di pembuangan. Ketika mendengar berita anak dan istrinya meninggal, Tohir melarikan diri. Ia culik anak Hasan dan membesarkan dengan kejahatan, tapi hidup bagai orang terhormat. Husin juga menjalani kehidupan ganda.
   Di saat tua Tohir mabuk-mabukan, apalagi saat ia tahu bahwa Hasan yang menghukumnya mendapat anugrah dari negara karena jasa-jasanya. Ia gunakan anaknya, Husin alias Boy (Farouk Afero) untuk membalas dendamnya dengan merampok rumah Hasan. (sumber: Sinematek Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar