Sabtu, 04 Februari 2012

Screen Actors Guild 2012 menangkan film 'The Help'

FILM The Help sukses memboyong penghargaan film terbaik Screen Actors Guild (SAG) Minggu (29/1) malam di Los Angeles. Tidak hanya itu, The Help berhasil meraih dua penghargaan lain, Aktris Terbaik, Viola Davis, dan Aktris Pendukung Terbaik, Octavia Spencer.
   "Mimpilah yang tinggi dan sungguh-sungguh," kata Viola Davis saat menerima penghargaan, seperti dikutip Reuters.
   Sementara itu, film bisu "The Artist" sebagai pesaing beratnya hanya membawa pulang satu penghargaan aktor terbaik untuk Jean Dujardin.
"Saya selalu bermimpi (mendapat penghargaan ini)," kata Dujardin, aktor asal Prancis itu. "Sekarang saya sadar kalau saya tidak akan pernah berhenti bermimpi. Terimakasih banyak. Terimakasih atas mimpi yang menjadi kenyataan ini."
   Pemenang lainnya dalam penghargaan SAG, yakni aktor veteran Christopher Plummer (82) yang dianugerahkan sebagai aktor pendukung terbaik.
   Sementara itu untuk penghargaan kategori pertelevisian, "Boardwalk Empire" menang seri drama terbaik untuk kedua kalinya secara berturut-turut. Begitu juga dengan Modern Family yang meraih komedi terbaik.
   SAG Awards merupakan ajang penghargaan film menjelang Academy Awards yang biasa disebut Oscar. Namun, SAG Awards juga memberi penghargaan bagi insan pertelevisian, seperti penghargaan Golden Globe. SAG memiliki dampak besar pada pemenang di Academy Awards yang akan berlangsung pada 26 Februari.
   Sementara itu, The Artist melanjutkan kedekatannya dengan perfilman Amerika setelah memenangkan penghargaan film berproduser terbaik, Sabtu lalu, pada Producers Guild Awards (PGA). Kemenangan ini memperbesar peluang film ini untuk meraih Oscar yang penominasiannya mulai pekan depan.
The Help
   Film bisu hitam putih bertema komedi produksi Prancis yang dibintangi Jean Dujardin dan Berenice Bejo itu memotret masa berakhirnya era film bisu Hollywood pada 1920an yang mengisahkan seorang bintang film bisu yang tengah memudar untuk memasuki dunia sinema.
   "Ketika Michel Hazanavicius dan saya memimpikan membuat The Artist, kami tahu kami tengah mimpi menuliskan sebuah surat cinta kepada sinema Amerika.  Kami tak pernah tahu kami akan memenuhi selera mimpi Amerika," kata Thomas Langmann, produser film ini, pada pidato penerimaan penghargaan itu di Beverly Hills.
   Sebelumnya film ini telah mendapatkan sejumlah penghargaan yang mendahului anugerah Oscar nanti, yaitu Critics Choice dan Golden Globes untuk kategori film terbaik belum lama di bulan ini.
   Film ini mengalahkan sejumlah film lainnya termasuk komedi bertema perempuan Bridesmaids, drama tentang hak-hak sipil The Help, dan epos karya Steven Spielberg berjudul War Horse.
   The Adventures of Tintin yang diproduksi Spielberg, Peter Jackson dan Kathleen Kennedy, mendapat penghargaan terbaik untuk film animasi terbaik.
   Anugerah Producers Guild itu penting menjelang penganugerahan Oscar (Academy Awards) pada 26 Februari. Ini karena 5.000 anggota dewan juri PGA adalah anggota Academy of Motion Picture Arts and Sciences yang menjadi juri Oscar.
   Selama empat tahun terakhir, film berproduser terbaik selalu meraih pula Oscar untuk kategori film terbaik, yaitu No Country For Old Men pada 2008, Slumdog Millionaire pada 2009, The Hurt Locker pada 2010 dan The King's Speech pada 2011.
   Film lain yang mendapatkan anugerah PGA Sabtu pekan lalu itu adalah Beats, Rhymes & Life: The Travels of a Tribe Called Quest" sebagai film dokumenter terbaik.  Film ini memotret perjalanan grup hip-hop berpengaruh A Tribe Called Quest.
   Angelina Jolie menerima anugerah Stanley Kramer untuk In the Land of Blood and Honey yang ditulis, disutradarai dan diproduserinya. Ini adalah penghargaan yang selayaknya atas kontribusinya untuk mengangkat masalah-masalah sosial yang provokatif.
   Aktris peraih Oscar ini menyampaikan pidato mengharukan dengan mengatakan saat film perang Schindler's List memenangkan PGA pada 1994 yang semasa dengan perang Bosnia, dunia malah membutakan dirinya atas kejahatan yang terjadi di Eropa Timur saat itu.
   Spielberg dianugerahi penghargaan David O. Selznick, sedangkan penulis buku komik legendaris Stan Lee menerima anugerah Vanguard yang diberikan oleh aktor Spider-Man Tobey Maguire.
   Kedua orang ini mendapat aplus meriah saat maju ke panggung.
   Sementara itu, Modern Family yang tayang di ABC dianugerahi sebagai komedi televisi terbaik untuk tahun kedua penayangannya, sementara Boardwalk Empire yang tayang di HBO memenangkan drama televisi terbaik.  Terakhir, drama Inggris Downton Abbey yang ditayangkan PBS menjadi serial berdurasi penjang terbaik. (kf1/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar