Jumat, 30 Maret 2012

Pameran foto 'Aku Cinta Film Indonesia' sambut HFN ke-62


BERBAGAI kegiatan dalam rangka Hari Film Nasional (HFN) ke-62 digelar oleh sejumlah komunitas perfilman di berbagai kota di Indonesia.  Salah satunya adalah Pameran Foto Jurnalistik bertema ‘Aku Cinta Film Indonesia’ yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) seksi Film dan Kebudayaan. Menurut rencana, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu akan menghadiri pameran pada puncak acara HFN, Jumat 30 Maret 2012 di Gedung Film Jakarta Selatan.
   “Kegiatan pameran foto ini merupakan aksentuasi dari HFN, sekaligus apresiasi wartawan untuk film nasional,” kata Ketua Seksi Film dan Kebudayaan PWI Jaya, Teguh Imam Suryadi.
   Menurut Imam, pameran akan dilaksanakan selama dua minggu di dua tempat terpisah, masing-masing di Gedung Film jalan MT Haryono (26-31 Maret) dan di Blitzmegaplex Grand Indonesia  (2-8 April). “Ada 100 foto dari 150-an yang kami terima dari 23 jurnalis dari Jakarta dan daerah, serta partisipasi dari pusat data film Sinematek Indonesia,” jelasnya.
   Pameran ini cukup menarik, karena inilah untuk pertamakalinya potret masyarakat film Indonesia dapat dinikmati khalayak umum. “Pada FFI 2008 pernah digelar namun kurang ekspose dan lebih ekslusif karena pameran dilaksanakan di Gedung Film,” ujar Imam tentang acara yang digagasnya ketika itu.  
   Tentang pameran yang mengangkat tema ‘Aku Cinta Film Indonesia’, menurut Imam disesuaikan dengan tema Hari Film Nasional yang puncaknya dilaksanakan di Jakarta tanggal 30 Maret 2012. Diharapkan, pameran ini menginspirasi dan menyemangati masyarakat untuk mencintai film Indonesia secara lebih arif.
   Dari 100 foto yang dipamerkan merupakan kiriman wartawan (tulis dan fotographer) yang secara kualitatif  dapat dibagi beberapa gaya yakni foto profile, foto landscape (panorama) , foto property dan suasana syuting. Beberapa momen menunjukkan dinamika dari bilik produksi film dan iklan, akting para artis dan aktor, dan foto-foto  human interest yang sayang jika dilewatkan.
   “Kegiatan pameran foto ini, merupakan sumbangan kreatif insan pers sebagai pengawal perfilman nasional, dimana banyak orang film yang terlahir dari dunia pers. Salah satunya adalah ‘bapak perfilman’ Haji Usmar Ismail yang pernah berkarir di bidang kewartawanan,” ungkap Imam, yang akan menjadikan kegiatan pameran foto ini sebagai agenda rutin setiap Hari Film Nasional.
   Dari 100 karya foto yang dipamerkan memuat sejumlah pesohor di perfilman nasional, antara lain memuat foto adegan dan profil Tio Pakusadewo, Deddy Mizwar, Mira Lesmana, Riri Riza, John de Rantau, Laura Basuki, Julia Perez, Jaja Miharja, Fathir Muchtar, Garin Nugroho, Ariel eks Peterpan, Rou Marten, Lola Amaria, Rudi Sudjarwo, Jenny Rahman, Gatot Brajamusti, Reza Rahardian, Raam Punjabi, Ari Sihasale, Arumi Bachsin, dan lain-lain.
   Selain itu, dipamerkan pula sebagian foto behind the scene sejumlah film nasional, dari tahun 80-an sampai 2011. **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar