Selasa, 23 Oktober 2012

Pendaftaran 'XXI Short Film Festival' sampai 10 Desember


PEMBUAT film pendek di Indonesia  mendapatkan berkah baru. Pasalnya pemilik jaringan bioskop terbesar,  Cineplex 21 dan XXI akan menggelar  ‘XXI Short Film Festival’.  Ajang penilaian karya film pendek Terbaik ini mulai menerima peserta dari seluruh Indonesia (selengkapnya bisa klik  www.21shortfilm.com)
    “Acaranya sendiri baru digelar pada Maret 2013 selama tiga hari,” ujar Catherine Keng, selaku Festival Direcetor ‘XXI Short Film Festival’ kepada Tabloid Kabar Film, Selasa (23/10) pagi.
     Selama tiga hari (Jumat-Sabtu-Minggu / 22-24 November) festival diadakan berbagai kegiatan seperti pemutaran film-film dari kompetisi, non-kompetisi, serta retrospektif dan diskusi sutradara-sutradara Indonesia. 
   Pada hari pertama (malam pembukaan) festival diputar karya film pendek internasional  dan film pendek terpilih.  Hari kedua, pada diputar film-film finalis kompetisi, film pendek internasional, retrospektif dan diskusi, dan pada hari Ketiga  diputar film-film finalis kompetisi, retrospektif, dan diskusi.  “Malam terakhir festival  juga merupakan malam pemberian penghargaan,” lanjut Catherine Keng.
   Menurut dia, ajang ‘XXI Short Film Festival’ merupakan tempat bagi para pembuat film pendek Indonesia untuk berkarya, sekaligus meluncurkan dan mempertunjukkan karya-karya mereka. Selain itu, juga menjadi tolak ukur kualitas perkembangan film pendek di tanah air.
   “Diharapkan, kegiatan ini menjadi ajang pembelajaran untuk bakat-bakat baru di bidang film pendek Indonesia,” sambung Catherine.
    Film-film peserta yang terpilih akan dikompetisi menjadi finalis kompetisi yang dinilai oleh juri dari kalangan perfilman nasional. 
    Adapun jenis atau katagori penghargaan film yang dikompetisikan adalah Film Pendek Fiksi Terbaik,
Film Pendek Dokumenter Terbaik, Film Pendek Animasi Terbaik, Film Pendek Fiksi Pilihan Media, Film Pendek Dokumenter Pilihan Media,  dan Film Pendek Animasi Pilihan Media.
   Panitia ‘XXI Short Film Festival’ terdiri dari Festival Advisors (Harris Lasmana, Shanty Harmayn, dan Eric Sasono), Festival Director (Catherine Keng), Program Director (Nauval Yazid), Programming Team (Damar Ardi, Adrian Jonathan Pasaribu, Varadila), Program Assistant (Andhika Annas Satria), Web Administrator (Muhammad Omar Azis), Administration Manager (Lenny Sumitra).
   Ditambahkan oleh Catherine, ‘XXI Short Film Festival’ mempunyai target penonton  dari kalangan mahasiswa, penonton film, dan pembuat film.  “Karena ketiga komponen inilah yang utama dalam mengembangkan apresiasi film Indonesia, dan festival ini bertujuan untuk lebih meningkatkan peran serta  mereka dalam kemajuan kualitas film Indonesia,” jelasnya.
   Selama festival, para penonton  diharapkan aktif berpartisipasi dalam seluruh kegiatan rangkaian acara festival. Di luar festival, situs XXI Short Film Festival akan terus aktif dan terbuka bagi para pembuat film untuk bertukar ide dan informasi mengenai pembuatan dan kegiatan pemutaran film pendek.
   Situs ini juga akan berfungsi untuk memutar film pendek, sekaligus memberikan materi pembelajaran seputar pembuatan film pendek.
   
Penghargaan 
  Panitia akan memberikan tiga penghargaan utama berupa uang tunai Rp. 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) untuk masing-masing pemenang dan sertifikat dari Cinema 21.
  Tiga penghargaan pilihan media masing-masing akan mendapat hadiah uang tunai Rp. 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah) dan sertifikat dari Cinema 21.
   “Film pemenang akan diputar dalam pemutaran reguler secara khusus di Cinema 21 seusai festival,” jelas Catherine, seraya menyebutkan batas waktu pendaftaran adalah 10 Desember 2012.
    Panitia akan melakukan seleksi dan memilih maksimum 10 (sepuluh) finalis di setiap kategori film pendek yang dilombakan. Penilaian masing-masing kategori kompetisi akan dilakukan oleh juri yang dipilih oleh panitia festival. Nama-nama juri akan diberitahukan kemudian. (kf1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar