Selasa, 29 November 2011

Konser Keenan Nasution di TIM dan kejutan dari Ida Royani

Keenan Nasution diapit Daaryl  (anak) dan Ida Royani (istri) saat konser hari
pertama di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki, Jakarta. (foto: dudut sp) 
"INI kado ulangtahun perkawinan kami yang ke-32 tahun," kata Keenan Nasution di atas panggung, setelah dia bersama Ida Royani, artis penyanyi era 1970-an yang juga istrinya itu dan Daaryl salah satu anak mereka menyanyikan lagu Don't Gave Up milik Peter Gabriel dari grup Genesis.
   Sebelum ke panggung, Ida Royani yang berbusana dan jilbab hitam duduk di bangku penonton sempat menolak ajakan Keenan dan Daaryl yang naik lebih dulu. (Bahkan, beberapa lagu sempat dibawakan oleh keduanya). "Ayo dong Ma, kita nyanyi, jangan lupa bawa kacamata," seru Daaryl merayu mamanya dari atas panggung Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.
   Penonton pun memberi applaus dan celetukan meledek lucu, sebelum dan sesudah keluarga harmonis ini tampil. Celotehan Sys NS sebagai MC acara Konser Keenan Nasution bertajuk "Apa Yang Telah Kau Buat Untuk Sesama Manusia?" ini menambah suasana konser lebih 'friendly'.
   "Saya sudah bukan penyanyi lagi tapi nenek-nenek. Setelah ini nggak mau nyanyi di panggung. Cuma kali ini saja ya, buat surprised. Tuh, nyanyinya juga seadanya karena nggak pake latihan," celoteh Ida Royani yang sukses berduet dengan Benyamin S di tahun 1970an saat membawakan lagu gambang kromong.
   Konser tanpa dukungan sponsor satupun produk ini cukup meriah dan berhasil memukau penonton. Mereka yang hadir adalah para pecinta karya-karya Keenan Nasution dari kalangan anak muda saat ini, maupun anak muda di tahun 1970-an yang kini sudah "Asam urat". Tidak terlihat bangku kosong dari kapasitas gedung sekitar 400 kursi tersebut.
   Pada konser hari pertama, Senin (28/11) sejumlah artis pendukung tampil membawakan karya-karya Keenan yang terkenal puitis dengan balutan musik rock, blues, hingga pop progressif.
   Konser dibuka oleh lantunan suara Raffi diiringi Band Rita Silalahi membawakan dua buah lagu Opera Jalanan dan Adikku. Suara khas Raffi menghentak dan cukup powerfull. Kemudian tampil Arry Syaff mantan vokalis grup Cynomadeus kini bergabung di Cockpit, membawakan dua tembang.
   Daaryl anak Keenan Nasution dari perkawinan dengan Ida Royani tampil membawakan Zamrud Khatulistiwa yang pernah sangat populer dibawakan Guruh Gipsy. Dengan gaya anak muda yang ekspresif, Daaryl memukau meski harus sering terlihat berusaha 'nyontek' song list yang tergeletak di lantai panggung.  
   Setelah itu dilanjutkan secara berturut-turut penampilan Kadri dari KPJ melantunkan Dibatas Angan Angan dan Jakartaku Sayang.  Aransemen lagu ini sedikit mengingatkan pada Bohemian Rhapsody-nya Freddy Mercury bersama Queen.
   Usai penampilan Harry Sabar, setting konser berubah. Keenan yang semula menyanyi, kini duduk membawakan solo piano. Usai sebuah nomor pada pianao, pentas lanjutkan penampilan kelompok Noor Bersaudara. Keenan juga berjam-session menggebuk drum bersama 2 anak muda penabuh drum Yandi dan iqbal.
   Suasana menghentak dari aksi gebuk drum pun 'dicairkan' dengan penampilan tiga musisi jazz Benny Mustafa (drum), Riza Arshad (saxophone), dan Keenan Nasution (piano) yang membawakan Life Style dalam jazz yang memikat."Selama saya bermusik, baru sekali ini bermain sama Benny Mustafa. Ini sangat menyenangkan," kata Keenan tentang koleganya yang seangkatan dengan musisi jazz Jack Lesmana.
   Yang juga menarik adalah penampilan grup Gipsy dalam formasi Nasution bersaudara terdiri dari Oding, Keenan ditambah Onan dan Raydi Noor. Marchel Siahaan, bintang tamu pada konser malam pertama ini membawakan Cakrawala Senja dan Dirimu dengan sangat syahdu. Dia juga berduet dengan Keenan untuk lagu Dirimu. Sebagai pamungkas dari konser kali ini, Keenan tampil membawakan lagu ciptaannya sendiri Nuansa Bening.
   Konser akan dilanjutkan pada Selasa (29/11) malam mulai pukul 20.00 dengan bintang tamu Once dan Fariz RM. Para musisi pendukung lainnya Gipsy (Gaury Nasution, Oding Nasution, Ronny Harahap, Harry Sabar, Raidy Noor, Onan, Edwin Hoedioro, Krisna), Arry Syaff (Cockpit), Kadri (KPJ), Warman Nasution (TOR), Daaryl Nasution, Riffy (InaBlues), Noor Bersaudara, Riza Arshad, Benny Mustafa, Matez, Frans Sunto, Yandi, Budi, dan Denny TR dengan music director Rita Silalahi.
  Terselenggaranya Konser juga disupport oleh Gilang Ramadhan dengan Indonesian Drummer, sound sisytem oleh DSS, dan lighting oleh Pentas Visual Mandiri. (tis)

1 komentar:

  1. Artikel nya bagus, saya post di website http://idaroyani.com ya.

    BalasHapus