Senin, 30 Juli 2012

Ada Jokowi di film "Finding Srimulat"

Joko Widodo (foto: sutrisno buyil)
FILM Finding Srimulat produksi Garuda Film yang belum lama ini melakukan proses pengambilan gambarnya di Solo, Jawa Tengah sempat dikunjungi tamu penting. Walikota Solo, Joko Widodo turut menyambangi lokasi syuting film yang disutradarai oleh Charlez Gozali tersebut. 
   Kedatangan Joko Widodo ke Stasiun Solo Balapan yang tengah digunakan sebagai tempat lokasi pengambilan gambar Finding Srimulat adalah dalam rangka untuk memberikan dukungan kepada seluruh pemain maupun kru. 
   Selain turut bermain di film ini, pria yang akrab disapa Jokowi ini ternyata adalah penggemar Srimulat sejak kecil.
   "Kebetulan rumah saya itu hanya 50 meter dari Taman Balekambang, jadi hampir tiap minggu saya nonton Srimulat. Tapi dari luar, karena kalau di dalam harus bayar dan saya saat itu tidak mampu. Jadi saya sudah suka dengan Srimulat sejak SMP," ungkap Jokowi saat ditemui 21cineplex di Stasiun Solo Balapan, Jawa Tengah (10/5).
   Bentuk dukungan Jokowi dalam film Finding Srimulat ternyata ti-dak hanya turut bermain, tapi juga dengan mempermudah segala masalah administratif di Kota Solo. Pria yang dilahirkan di Surakarta 50 tahun yang lalu itu juga menggambarkan kisah film yang di produksi oleh Magma Entertainment adalah bentuk sebuah penghargaan kepada grup lawak Srimulat.
   "Saya lihat film ini mungkin mengungkap sebuah fakta Srimulat itu seperti apa, dalam kekiniannya. Dan dari film ini diha-rapkan tentu saja ada gagasan ide dari anak-anak muda untuk menghidupkan kembali legenda hiburan tradisi Srimulat dalam versi yang lebih sesuai dengan anak muda saat ini," tambah Jokowi.
   Lebih lanjut Jokowi juga berharap lewat Finding Srimulat, Grup lawak legendaris tersebut bisa kembali bangkit dan  menghibur seluruh masyarakat. 
   "Untuk mencapai itu memang tidak mudah, karena ini ada masalah manajemen dan masalah selera dengan pasar. Mungkin kedepannya kita harus menggarap sesuai dengan zaman, bukan Srimulat yang dulu tapi Srimulat yang sekarang. Tapi tidak tahu seperti apa. Dan mungkin film ini akan memunculkan sebuah ide dan gagasan kembali mengangkat legenda Srimulat dalam sebuah kekinian," jelasnya.
   Ketika ditanya mana yang lebih enak antara main film dan men-jadi walikota, Jokowi seraya tersenyum mengucapkan, "Saya lebih suka jadi rakyat," katanya singkat.
    Selain para anggota Srimulat seperti Tessy, Mamik dan Gogon, Finding Srimulat juga turut dibintangi oleh Reza Rahadian, Rianti Cartwright, dan Nadila Ernesta. Film yang akan mengangkat tema romansa tentang Srimulat itu direncanakan akan tayang di bioskop pada September 2011. 

Tidak keluar duit
Jokowi membantu sepenuhnya proyek film ini. Dia menyediakan lokasi syuting film di Solo, membuka tanah pribadinya jadi tempat syuting, kemudian memudahkan segala fasilitas izin, tanpa pungutan biaya, memudahkan urusan perizinan dari kepolisian. Termasuk mengizinkan taman budaya Sri Wedari Solo tempat pe-ngambilan gambar film Finding Srimulat. 
   "Pak Jokowi menyediakan semua fasilitas secara cuma-cuma. Sebagai balasan, kami akan memutar film perdana secara gratis juga di taman Sri Wedari, sebelum film diputar di bioskop," kata Charles Gozaly, sutradara Finding Srimulat kepada Kabar FILM di acara “Mengenang H Misbach Yusa Biran” di Gedung PPHUI.
  Dia menambahkan, Jokowi sama sekali tidak mengeluarkan uang untuk mensponsori film. Kapasitas Jokowi selaku kepala daerah untuk memuluskan pengurusan izin. Biasanya kalau meng-urus izin syuting, meminta izin pengaman dari polisi, dan lain-lain itu memakan waktu lama.
   "Dengan adanya Pak Jokowi, syuting di Solo, tidak ada lagi urusan tetek bengek," ucap dia.
Berbekal komunikasi intensif dengan Jokowi, tim memperoleh kekuasaan menggali kekayaan budaya dan tradisi kota Solo.
   "Bagi saya, ini bukan sekedar film komedi yang tak sekedar me-ngundang tawa, tetapi bernuansa budaya," ungkap Charles. Ia menjelaskan, tak mudah untuk memadukan pemain Srimulat. Apalagi, para pemain Srimulat memiliki improvisasi panggung. (kf1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar