Selasa, 31 Juli 2012

Ramadhan, Tivi berjanji tak nakal lagi

TRADISI Ramadhan semua stasiun televisi seolah 'berjanji tak nakal' dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, dimana Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sering meniup peluit peringatan. Beberapa stasiun TV memilih melanjutkan program sukses seperti Dahsyat (RCTI), Pesbukers (Antv), Bukan Empat Mata (Trans7), dan lainnya sepanjang Ramadhan. "Tapi, kami lebih hati-hati untuk tidak menyiarkan Pesbukers secara live," kata Direkttur Program Antv, Hetty Purba saat menggelar jumpa pers program Ramadhan "Maha Raya" di Epicentrum, Kuningan, Rabu (11/7).
   Menurut Hety, salah satu tayangan menarik dari Ramadhan Maha Raya ini adalah tampilnya Ustadz Yusuf Mansur dalam acara Chatting. Melalui talk show entertainment religi dengan tema yang berbeda di setiap episodenya selama bulan puasa itu, Ustadz Yusuf Mansur membahas masalah secara populer melalui bahasa agama. Masalah yang diketengahkan pun beragam, tergantung pada tema-tema yang sedang aktual pada hari itu.
   Intinya, "Kami dengan sepenuh hati berusaha memberikan banyak program baik yang menghibur dan mendidik untuk menambah semangat dalam beribadah di bulan suci ini," ujar Presiden Direktur ANTV, Dudi Hendrakusuma, yang juga hadir di acara tersebut.
   Acara khusus antv selama Ramadhan mulai dari sahur, berbuka puasa dan primetime antaranya: Ramadhan di Masjidil Haram, program dokumenter perjalanan di Saudi Arabia selama Ramadhan. Program ini dimulai dengan live report Tarawih di Masjidil Haram dan sekitarnya. Juga akan mengupas tempat-tempat bersejarah, kuliner khas serta kebiasaan masyarakat sekitar selama Ramadhan. Program ini akan menghibur warga Indonesia di Arab Saudi dengan memberikan kesempatan melakukan telepon dengan keluarga maupun kerabat yang di Indonesia. Program ini tayang mulai 19 Juli 2012 tiap hari pukul 02.00-03.00 WIB.
  Sahur Bareng Mamah, menghadirkan Mamah Dedeh dan Abdel akan menjamu para tamunya untuk sahur bersama. (Senin-Minggu pukul 03.00-04.30 WIB). Mamah Dedeh Keliling Masjid adalah bincang-bincang spesial Ramadhan setiap Senin-Minggu, pukul 06.30-07.30 WIB.
   Program lainnya, Man Jadda Wajada dan Pesbukers. Man Jadda Wajada mengangkat petualangan bocah Nizam dan Ustadz Subky selama Ramadhan. Nizam yang lucu akan bertualang dan bertemu dengan serangkaian masalah dan Ustadz Subky selalu siap menasihati. Dibawakan dengan santai dan penuh canda mulai tanggal 16 Juli 2012 setiap hari Senin-Selasa pukul 16.00-17.00 WIB.
   Pesbukers (Pesta Buka Bareng Selebritis) menghadirkan Olga Syahputra, Raffi Ahmad, Jessica Iskandar, Melaney Ricardo dan Opie Kumis, mulai Senin-Minggu pukul 17.00-18.30 WIB. Program Chatting dengan YM (Yusuf Mansur), Ustadz Yusuf Mansur sebagai pembawa acara dan narasumber. Ada juga Deni Cagur sebagai co-host tayang mulai 16 Juli 2012, Senin-Jumat pukul 21.00-22.00 WIB. 
   Seleb Berbagi, Sabtu dan Minggu pukul 19.00-20.00 WIB mulai 21 Juli 2012. Tabligh Akbar Bersama Ustadz Yusuf Mansur, tausah di berbagai daerah dan tanya jawab dengan penonton. Program ini tayang setiap hari Sabtu-Minggu pukul 21.00-22.30 WIB mulai 15 Juli 2012.
   INDOSIAR
   Stasiun Indosiar memilih memajang pelawak Doyok begadang tiap hari selama Ramadhan. Dia bersama grup lawak Srimulat mengisi acara Sahur Bersama Srimulat mulai pukul 03.00 WIB.
   Doyok saat jumpa pers program Special Semarak Ramadan 2012 di Indosiar, memastikan fisiknya masih kuat begadang. Doyok mengatakan, dia tidak menggunakan narkoba untuk membangkitkan staminanya. "Saya sudah berhenti 12 tahun, Mas. Sekarang saya justru jualan. Jualan lawak ha-ha-ha," celoteh pelawak bernama asli Sudarmadji itu.
    TRANS TV
   TransTV menyiapkan sejumlah paket tayangan khusus Ramadan Waktunya Kita Sahur (Tiap hari pukul 02.30-04.30 WIB). Sketsa komedi ini akan menampilkan suasana masyarakat yang multietnis, ada Indonesia, Jepang, Inggris, Australia dan lain-lain dibintangi Olga Syahputra, Raffi Ahmad, Jessika Iskandar, Adul, Cagur, Jono, Tyson, dan Suzuki. Ngabuburit (17.00-18.30 WIB) merupakan variety comedy menunggu berbuka puasa,  Sketsa Ramadhan (Senin - Jumat pukul 20.00 WIB), Tabligh Akbar (Tiap Jumat pukul 21.30 WIB) variety musik dan Tausiyah Ramadhan menyajikan konser musik disisipkan lagu-lagu bernuansa Ramadhan di tiap episodenya, yang dibawakan oleh artis-artis besar seperti Iwan Fals, Kotak, Syahrini, Rhoma Irama, Melly Goeslaw, Armada, Ira Swara, Citra Scholastika, Inul Daratista, The Virgin, Iwan Fals, Uut Permatasari, Wali, Vierra, 
  Pulang Kampung (Pulkam) Di Reportase Pagi, Reportase Siang, Reportase Sore, dan Reportase Terbaru pukul 21.00 WIB dan Jika Aku Menjadi Ramadhan (Pukul 16.15 - 17.00 WIB).
    SCTV
   Stasiun SCTV menghadirkan program Smash Ngabuburit, Mutiara Hati, Sabarrr dan sinetron Para Pencari Tuhan selain sinetron Insya Allah ada Jalan dibiintangi Maher Zain dan Fadly Padi, Pengen Jadi Orang Bener sebuah acara berkonsep warung kopi di mana ustadz akan memperlihatkan kisah-kisah kehidupan manusia melalui video di laptopnya (pukul 04.45 WIB, Senin - Minggu) serta Eat Bulaga Indonesia, reality show tiap jam 16.00 Wib, Tabligh Akbar Sambut Ramadan dimulai 14 Juli 2012 diisi lebih kurang 22 ustadz. Para penceramah tersebut antara lain Ustad Solmed, Guntur Bumi, Subki Al Bughuri, Quraish Shihab dan lain-lain.
   Acara musik SCTV menghadirkan Gema Ramadhan tiap Sabtu di empat lokasi (Banten, Bekasi, BSD dan Bandung) pukul 22.30 Wib. Sedangkan Musik Harmoni spesial religi tayang 22 Juli pukul 22.30 Wib.
   Direktur Program dan Produksi SCTV Harsiwi Achmad mengata-kan penayangan program unggu-lan tahun sebelumnya tetap dipertahankan karena permintaan masyarakat.
   "Keberhasilan Para Pencari Tu-han tak dipungkiri. Sebab sampai saat ini sinetron yang masuk sesi 6 tersebut masih diminati. Pun dengan sinetron Insya Allah ada Jalan yang kini jadi program unggulan Ramadhan. Diharapkan semua program menjadi motivasi kami guna mem-berikan sinetron Ramadhan yang lebih istimewa selama Ramadhan ini," kata-nya.
   MNC TV
   MNCTV menyajikan berbagai program bernuansa islami. Salah satunya, Berkah Cinta Ramadhan mulai 20 Juli 2012 terdiri dari tayangan unggulan sinetron, kartun dan animasi, hiburan dan musik religi sejak menyantap sahur. Tidak kurang dari tiga sinetron terbaik dihadirkan seperti Kami Bukan Malaikat, Si Alif, dan Tendangan Si Madun season 2.
   Program khusus lainnya adalah Simfoni Religi, yang menampilkan mini orchestra dengan penyanyi ternama seperti Raihan, Rossa, Syahrini, Yuni Shara, Mu-lan, The Virgin, Armada, Setia Ba-nd, Ridho & Sonet2
   "Kami bahagia bisa tampil bareng di sini. Kami telah usai rekaman dua acara. Satunya simfoni religi, keduanya easy listening, bisa gabung dengan artis-artis Indonesia, musik-musik luar biasa. Momen tak terlupakan, indah dan luar biasa," ujar Zulfadli, personel Raihan, usai jumpa pers program Ramadhan MNC TV di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/7).
   "Semoga sajian Berkah Rama-dhan yang istimewa ini dapat menambah khasanah pengetahuan dan menambah kekhusyukan pemirsa berpuasa," kata Nana Putra, Managing Director MNC TV.
   Kendati para programmer stasiun televisi sudah ‘berjanji tidak nakal’, bukan tidak mungkin pemirsa mendapati keseleo lidah dari para pengisi acara. (kf1/ kf2/kf3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar